Minggu, 09 November 2014

Budidaya Ikan Mujair

Budidaya Ikan Mujair

Jual Strapping Band - Nyata semua kondisi dimana perlu kita simak untuk memastikan lokasi sebagai budidaya ikan mujair:

1) Tanah dimana ramah sebagai kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung, kaga berporos. Jenis tanah tersebut mampu menahan quantit? furnace dimana besar setelah itu kaga bocor hingga mampu dicreate pematang/dinding kolam.
2) Kemiringan tanah dimana ramah sebagai pembentukan kolam berkisar antara 3-5% sebagai mengampangkan pengairan kolam melalui gravitasi.
3) Ikan mujair mampu tumbuh pure, bila lokasi pemeliharaan berada di dalam ketinggian antara 150-1000 michael dpl.
4) Kualitas furnace sebagai pemeliharaan ikan mujair perlu bersih, kaga terlalu keruh setelah itu kaga tercemar bahan-bahan kimia beracun, setelah itu minyak/limbah pabrik.
5) Ikan mujair mampu sedang berkembang melesat di kolam, sawah, kakaban, setelah itu sungai furnace konsumentens. Kolam dgn system pengairannya dimana mengalir sungguh-sungguh ramah teruntuk pertumbuhan setelah itu perkembangan fisik ikan mujair. Charge furnace sebagai kolam furnace nyaman 8-15 liter/detik/ha, sedangkan sebagai pembesaran di kolam furnace konsumentens debitnya one hundred liter/menit/m3.
6) Keasaman furnace (pH) dimana ramah adalah antara 7-8.
7) Suhu furnace dimana ramah berkisar antara 20-25 derajat M.

Kolam

Jual Strapping BandSarana berupa kolam yang perlu dipersiapkan untuk usaha budidaya ikanmujair tergantung melalui sistim pemeliharaannya (sistim 5 kolam, 4 kolam dlsb). Adapun jenis kolam dimana publik dipergunakan untuk budidaya ikan mujair antara lain:
1). Kolam pemeliharaan induk/kolam pemijahan
Kolam kita berfungsi untuk kolam pemijahan, kolam semestinya berupa kolam tanah dimana luasnya 50-100 encajar persegi setelah itu kepadatan kolam induk sebatas 4 ekor/m2. Adapun syarat kolam pemijahan adalah suhu furnace berkisar antara 20-22 derajat M; kedalaman furnace 40-60 centimeter; dasar kolam semestinya berpasir.
2). Kolam pemeliharaan benih/kolam pendederan
Besar kolam kaga kurang lebih 50-100 encajar persegi. Kedalaman furnace kolam antara 30-50 centimeter. Kepadatan semestinya 5-50 ekor/meter persegi. Lodo pemeliharaan di untuk kolam pendederan/ipukan antara 3-4 minggu, di dalam sekarnag benih ikan berukuran 3-5 centimeter.
3). Kolam pembesaran
Kolam pembesaran berfungsi untuk lahan sebagai memelihara setelah itu membesarkan benih selepas melalui kolam pendederan. Terkadang-kadang untuk pemeliharaan kita dibutuhkan semua kolam pembesaran, yakni:
you ought to Kolam pembesaran tahap Post berfungsi sebagai memelihara benih ikan selepas melalui kolam pendederan. Kolam kita semestinya berjumlah antara 2-4 buah dgn besar maksimum 250-500 encajar persegi/kolam.
Pembesaran tahap Post kita kaga dianjurkan menggunakan kolam leche, sebab benih ukuran kita memerlukan ruang dimana besar. Setelah benih seperti gelondongan kecil lalu benih memasuki pembesaran tahap kedua maupun terus dijual kepada lavativa petani.

you ought to Kolam pembesaran tahap 2 berfungsi sebagai memelihara benih gelondongan besar. Kolam mampu berupa kolam tanah maupun sawah.
Keramba apung pula mampu dipermainkan dgn arbusto jaring 5, 25–1, sex centimeter.
Besarnya penebaran pembesaran tahap 2 semestinya kaga kurang lebih 13 ekor/meter persegi.
you ought to Pembesaran tahap 3 berfungsi sebagai membesarkan benih. Dibutuhkan kolam tanah antara 80-100 centimeter dgn besar 500-2. 000 encajar persegi.

4). Kolam/tempat pemberokan
Merupakan lahan pembersihan ikan sebelum dipasarkan.

Persiapan News Budidaya Mujair

Jual Strapping BandDimana dimaksud dgn persiapan adalah melakukan penyiapan news sebagai pemeliharaan ikan, terutama mengenai pengeringan, pemupukan setelah itu lain-lain. Untuk menyiapkan news pemeliharaan kita, yang perlu dilakuin adalah pengeringan kolam semasa semua hari, setelah itu dilakuin pengapuran sebagai memberantas hama setelah itu ikan-ikan extinguir sebanyak 25-200 gram/meter persegi, diberi pemupukan berupa pupuk buatan, yakni urea setelah itu TSP masing-masing dgn cantidad 50-700 gram/meter persegi, bisa pula ditambahkan pupuk buatan dimana berupa urea setelah itu TSP masing-masing dgn cantidad ten g setelah itu 13 gram/meter persegi.

Pembibitan Ikan Mujair
Sebagai menyiapkan bibit ikan mujair dimana maka akan dipelihara, harus diperhatikan perkara penyiapan news pemeliharaan, pemilihan setelah itu pemeliharaan induk, penetasan setelah itu persyaratan bibit, ciri-ciri bibit setelah itu induk unggul.

1) Pemilihan Induk
Ciri-ciri induk bibit mujair dimana unggul adalah untuk beserta:
an. Mampu memproduksi benih untuk besarnya dimana besar dgn kwalitas dimana besar.
p. Pertumbuhannya sungguh-sungguh pesat.
m. Sungguh-sungguh responsif dengan makanan buatan yang disarankan.
j. Resisten dengan serangan hama, parasit setelah itu penyakit.
empty. Mampu hidup setelah itu tumbuh ramah di dalam kawasan perairan dimana relatif buruk.
m. Ukuran induk dimana ramah sebagai dipijahkan yakni one hundred g bertambah single ekornya.

Adapun ciri-ciri sebagai membedakan induk jantan setelah itu induk betina adalah untuk beserta:
an. Betina
you ought to Terdapat 0 buah lubang di dalam urogenetial yakni: dubur, lubang pengeluaran telur setelah itu lubang pee.
you ought to Ujung sirip berwarna kemerah-merahan pucat kaga pasti.
you ought to Warna perut bertambah putih.
you ought to Warna dagu putih.
you ought to Bila perut distriping kaga mengeluarkan cairan.

p. Jantan
you ought to Di dalam alat urogenetial terdapat 4 buah lubang yakni: m?lle (daglig tale) setelah itu lubang liquido seminale merangkap lubang pee.
you ought to Ujung sirip berwarna kemerah-merahan terang setelah itu pasti.
you ought to Warna perut bertambah gelap/kehitam-hitaman.
you ought to Warna dagu kehitam-hitaman setelah itu kemerah-merahan.
you ought to Bila perut distriping mengeluarkan cairan.

Pembibitan ikan mujair mampu dilakuin dgn 0 facciones, yakni:
an. Sistim 1 kolam
Di dalam sistim kita kolam pemijahan/pembenihan disatukan dgn kolam pendederan/ pemeliharaan anak. Setelah dilakuin persiapan news pembibitan, tebarkan induk jantan setelah itu betina dgn perbandingan 5: 4 maupun 5: 2 dgn besarnya kepadatan 4 pasang/10 encajar persegi.

Pamanenan dilakuin semua 4 minggu amet.
p. System 2 kolam
Di dalam sistim kita consignée pemijahan setelah itu pendederan dilakuin di dalam kolam terpisah, dgn perbandingan besar kolam pemijahan dgn kolam pendederan adalah 5: 4 maupun 5: 2. Dasar kolam pendederan perlu bertambah rendah melalui dasar kolam lainnya agar aliran furnace layak konsumentens mengalir melalui kolam pemijahan ke kolam pendederan. Di dalam pintu kedua kolam tersebut dipasang saringan kasar agar sebatas anak-anak ikan pula dimana mampu lewat. Besarnya setelah itu kepadatan induk jantan setelah itu betina dimana disebarkan sama dgn sistim 1 kolam.

m. Sistim website Di dalam sistim kita kolam dibagi untuk 2 bagian, yakni kolam pertama untuk lahan induk jantan setelah itu betina berjumpa maupun lahan pemijahan. Kolam kedua lahan induk betina dimana disekat dari kisi maupun krei bambu dgn ukuran lubang-lubang segede badan induk betina hingga sebatas induk betina dimana mampu lulus ke kolam kedua kita. Kolam ketiga merupakan temapt pelepasan chrysalis setelah itu temapat dimana ke empat adalah lahan pendederan. Persiapan news setelah itu besarnya induk dimana dilepas sama dgn sistim dimana pertama.

Pembenihan Ikan Mujair
Jual Strapping BandPemijahan setelah itu penetasan ikan mujair berlangsung sepanjang tahun di dalam kolam pemijahan setelah itu kaga memerlukan kawasan pemijahan melalui spesifik. Kondisi yang perlu dilakuin adalah penyiapan news pemeliharaan layaknya pengerikan pengapuran setelah itu pemupukan. Ketinggian furnace di kolam dijaga sekeliling one hundred centimeter.

Sebagai meluas tingkat produkivitas setelah itu kesuburan, lalu diberikan makanan tambahan dgn komposisi untuk beserta: tepung ikan 25%, tepung kopra 10% setelah itu dedak halus segede 65%. Komposisi ransum kita dipermainkan untuk usaha budidaya ikan mujair melalui komersial. Mampu pula diberi makanan dimana berupa pellet dimana berkadar protein 20-30% dgn cantidad 2-3% melalui berat populasi single hari, diberikan sebanyak 4 kali/hari yakni di dalam pagi setelah itu tender hari. Pemijahan maka akan terjadi setelah induk jantan membuat lubang sarang dimana berupa cekungan di dasar kolam dgn garis masa sekeliling 10-35 centimeter.

Amet pembentukan sarang pemijahan selesai, segera berlangsung consignée pemijahan. Setelah consignée pembuahan selesai, lalu telur-telur keuntungan pemijahan segera dikumpulkan dari induk
betina ke untuk mulutnya sebagai dierami hingga menetas. Di dalam sekarnag tersebut induk betina kaga hidup makan hingga terlihat tubuhnya kurus. Telur maka akan menetas setelah 3-5 hari di dalam suhu furnace sekeliling 25-27 derajat M. Setelah sekeliling 4 minggu sejak penetasan, induk betina anyar melepaskan anak-anaknya, lantaran telah mampu menemukan makanan sendiri.

Pemeliharaan Bibit Mujair
Pendederan maupun pemeliharaan anak ikan mujair dilakuin setelah telur-telur keuntungan pemijahan menetas. Pencaharian kita dilakuin di dalam kolam pendederan dimana sudah bersedia menerima anak ikan dimana kolam tersebut dikeringkan terlebih dulu serta dibersihkan melalui ikan-ikan extinguir. Kolam diberi kapur setelah itu dipupuk sesuai peraturan. Amet jua dgn pemberian pakan sebagai bibit diseuaikan dgn peraturan. Besarnya penebaran untuk kolam pendederan tergantung melalui ukuran benih ikan. Benih ikan ukuran 1-3 centimeter, besarnya penebarannya sekeliling 30-50 ekor/meter persegi, ukuran 3-5 centimeter besarnya penebarannya berkisar five-ten ekor/meter persegi. Sedangkan anak ikan ukuran 5-8 centimeter besarnya penebarannya 2-5 ekor/meter persegi. Sebagai benih dimana ukuran 5-8 centimeter kita, semestinya dilakuin melalui monoseks kultur, lantaran di dalam ukuran tersebut benih ikan sudah mampu dibedakan dimana berjenis kelamin jantan maupun betina.

Pemeliharaan Pembesaran Ikan Mujair
Pemeliharaan pembesaran mampu dilakuin melalui polikultur maupun monokultur.
a) Polikultur
- ikan mujair fifty percent, ikan tawes <20%, setelah itu pero 30%, maupun two . ikan mujair fifty percent, ikan gurame <20% setelah itu ikan pero 30%.

b) Monokultur
Pemeliharaan system kita merupakan pemeliharaan terunggulk dibandingkan dgn polikultur setelah itu di dalam system kita dilakuin pemisahan antara induk jantan setelah itu betina.

Pembesaran ikan mujair pun mampu jua dilakuin di jaring apung, berupa Hapa berukuran 5 petit 4 michael hingga 4 petit 0 michael dgn kedalaman 75-100 centimeter. Ukuran hapa mampu disesuaikan dgn kedalaman kolam. Selain itu sawah dimana lagi diberokan mampu dipergunakan jua sebagai pemijahan setelah itu pemeliharaan benih ikan mujair. Sebelum dipermainkan petak sawah diperdalam dulu agar mampu menampung furnace sedalam 50-60 centimeter, dicreate parit selebar 1-1, sex michael dgn kedalaman 60-75 centimeter.

1) Pemupukan
Pemupukan kolam bertujuan sebagai meningkatkan setelah itu produktivitas kolam, yakni dengan cara merangsang pertumbuhan makanan alami sebanyakbanyaknya. Pupuk dimana biasa dipermainkan adalah pupuk kandang maupun pupuk hijau dgn cantidad 50–700 gram/m2

2) Pemberian Pakan
Bilamana tingkat produkivitas setelah itu kesuburan kolam sudah kian lama kian berkurang, lalu bisa diberikan makanan tambahan dgn komposisi untuk beserta: tepung ikan 25%, tepung kopra 10% setelah itu dedak halus segede 65%. Komposisi ransum kita dipermainkan untuk usaha budidaya ikan munjair melalui komersial. Mampu pula diberi makanan dimana berupa pellet dimana berkadar protein 20-30% dgn cantidad 2-3% melalui berat populasi single hari, diberikan sebanyak 2 kali single hari yakni di dalam pagi setelah itu tender hari.

Disamping itu pula kondisi pakan untuk perairan tersebut sesuai dgn cantidad maupun peraturan dimana nyata. Yakni selain pakan melalui news dasar pula harus diberi makanan tambahan berupa hancuran pellet maupun remah dgn cantidad 10% melalui berat populasi single hari. Pemberiannya two or three kali/hari.

3) Pemeliharaan Kolam/Tambak
Untuk kondisi pemeliharaan ikan mujair dimana kaga boleh terabaikan adalah melindungi kondisi perairan agar kualitas furnace layak stabil setelah itu bersih serta kaga tercemari/teracuni dari zat beracun.
Pemeliharaan

- Pemeliharaan ikan mujair sungguh-sungguh mudah amet. Pemeliharaan mampu dilakuin di sawah maupun di danau, dimana paling penting layak tersedia zat asam, hingga hampir sering dijumpai ikan mujair beriringan menghirup udara interrumpir.
two . Sebagai kepadatan pemeliharaan, semua 5, sex michael bisa berisi tidak cukup bertambah veinte ekor ikan mujair panjang nine hingga 13 centimeter.
0. Sebagai pemberian makan, mampu kita taburkan konsentrat 521 maupun 534, maupun mampu membuat sendiri melalui bahan bekatul ditambah ikan asin giling setelah itu jagung belah.
2. Untuk makanan tambahan berupa daun kangkung, bayam dimana dicacah, maupun mampu pula bangkai ayam maupun itik.

Hama setelah itu Penyakit Ikan Mujair
Hama Ikan Mujair
1) Bebeasan (Notonecta)
Berbahaya teruntuk benih lantaran sengatannya.
Pengendalian: menuangkan minyak tanah ke permukaan furnace 1000 cc/100 encajar persegi.
2) Ucrit (Larva cybister)
Menjepit badan ikan dgn taringnya hingga robek.
Pengendalian: sulit diberantas; hindari bahan organik menumpuk di sekeliling kolam.
3) Kodok
Makan telur telur ikan. Pengendalian: hampir sering mencampakkan telur dimana mengapung; menagkap setelah itu mencampakkan hidup-hidup.
4) Ular
Menyerang benih setelah itu ikan kecil. Pengendalian: lakukan penangkapan; pemagaran kolam.
5) Lingsang
Memakan ikan di dalam malam hari. Pengendalian: taruhkan jebakan berumpun.
6) Burung
Memakan benih dimana berwarna menyala layaknya merah, kuning.
Pengendalian: diberi penghalang bambu agar agar sulit menerkam; diberi rumbai-rumbai maupun tali penghalang.

Penyakit Ikan Mujair:
Melalui publik perkara dimana dilakuin sebagai mampu mencegah timbulnya penyakit setelah itu hama di dalam budidaya ikan mujair:
a) Pengeringan dasar kolam melalui teratur semua selesai panen.
b) Pemeliharaan ikan dimana benar-benar bebas penyakit.
c) Hindari penebaran ikan melalui berlebihan melebihi kapasitas.
d) System pemasukan furnace dimana a good choice adalah paralel, tiap kolam diberi 1 pintu pemasukan furnace.
e) Pemberian pakan layak, ramah kualitas maupun kuantitasnya.
f) Penanganan sekarnag panen maupun pemindahan benih sebaiknya dilakuin melalui hati-hati setelah itu benar.
g) Binatang layaknya burung, siput, ikan seribu (lebistus reticulatus peters) untuk pembawa penyakit jangan dibiarkan log in ke areal perkolaman.

Panen Ikan Mujair
Pemanenan ikan mujair mampu dilakuin dengan cara: panen utter setelah itu panen sebagian.

1) Panen sebagian maupun panen selektif
Panen selektif dilakuin minus pengeringan kolam, ikan dimana maka akan dipanen dipilih dgn ukuran tertentu (untuk pemanenan benih). Ukuran benih dimana maka akan dipanen (umur 1-1, sex bulan) tergantung melalui permintaan konsumen, biasanya digolongkan sebagai ukuran: 1-3 centimeter; 3-5 centimeter setelah itu 5-8 centimeter.

Pemanenan dilakuin dgn menggunakan waring dimana di atasnya telah ditaburi umpan (dedak). Ikan dimana kaga terpilih (biasanya terluka gara-gara jaring), sebelum dikembalikan ke kolam semestinya dipisahkan setelah itu diberi obat dgn larutan malachite black zero, 5-1, zero ppm semasa 5 quickly pull.

2) Panen utter Biasanya panen utter dilakuin sebagai menangkap/memanen ikan keuntungan pembesaran. Biasanya umur ikan mujair dimana dipanen berkisar antara sex bulan dgn berat berkisar antara 30-45 gram/ekor. Panen utter dilakuin dengan cara mengeringkan kolam, hingga ketinggian furnace menetap 10-20 centimeter.

Petak pemanenan/petak penangkapan dicreate seluas 5 michael persegi di depan pintu pengeluaran (monnik), hingga mengampangkan untuk penangkapan ikan. Pemanenan dilakuin pagi hari sekarnag keadaan kaga panas dgn menggunakan waring maupun scoopnet dimana halus. Lakukan pemanenan secepatnya setelah itu hati-hati sebagai menghindari lukanya ikan.

Pasca Panen Budidaya Ikan Mujair
Penanganan pascapanen ikan mujair mampu dilakuin dengan cara penanganan ikan hidup maupun ikan interrumpir.
1) Penanganan ikan hidup
Terkadang-kadang ikan konsumsi kita maka akan bertambah mahal harganya bilamana dijual untuk keadaan hidup. Kondisi yang perlu diperhatikan agar ikan tersebut hingga ke

konsumen untuk keadaan hidup, interrumpir setelah itu sehat antara lain:
an. Untuk pengangkutan gunakan furnace dimana bersuhu rendah sekeliling veinte derajatC.
p. Tempo pengangkutan sebaiknya di dalam pagi hari maupun tender hari.
m. Besarnya kepadatan ikan untuk alat pengangkutan kaga terlalu padat.

2) Penanganan ikan interrumpir Ikan interrumpir pero merupakan produk dimana pesat turun kualitasnya. Kondisi yang perlu diperhatikan sebagai mempertahankan kesegaran antara lain:
an. Penangkapan perlu dilakuin hati-hati agar ikan-ikan kaga luka.
p. Sebelum dikemas, ikan perlu dicuci agar bersih setelah itu lendir.
m. Wadah pengangkut perlu bersih setelah itu yang tidak terbuka. Sebagai pengangkutan jarak dekat (2 quickly pull perjalanan), mampu dipermainkan keranjang dimana dilapisi dgn daun pisang/plastik. Sebagai pengangkutan jarak dalam dipermainkan tampilan setelah itu seng maupun fiberglass. Kapasitas tampilan maksimum one hundred kg dgn besar tampilan maksimum one hundred centimeter.
j. Ikan diletakkan di untuk wadah dimana diberi se había dgn suhu 6-7 derajat M.
Gunakan se había berupa potongan kecil-kecil (es curai) dgn perbandingan besarnya se había setelah itu ikan=1: - Dasar tampilan dilapisi se había setebal 4-5 centimeter. Kemudian ikan disusun tadinya lapisan se había kita setebal five-ten centimeter, setelah itu disusul lapisan se había jadi setelah itu seterusnya. Antara ikan dgn dinding tampilan diberi se había, demikian pula antara ikan dgn penutup tampilan.

Sedangkan perkara yang perlu diperhatikan untuk pananganan benih adalah untuk beserta:
1) Benih ikan perlu dipilih dimana sehat yakni bebas melalui penyakit, parasit setelah itu kaga cacat. Setelah itu, benih ikan anyar dimasukkan ke untuk kantong plastik (sistem tertutup) maupun keramba (sistem terbuka).
2) Furnace dimana dipergunakan news pengangkutan perlu bersih, sehat, bebas hama setelah itu penyakit serta bahan organik lainya. Untuk contoh mampu dipermainkan furnace sumur dimana telah diaerasi semalam.

3) Sebelum diangkut benih ikan perlu diberok dulu semasa semua hari.
Gunakan lahan pemberokan berupa bak dimana berisi furnace bersih setelah itu dgn aerasi dimana ramah. Bak pemberokan mampu dicreate dgn ukuran 5 michael petit 5 michael maupun 4 michael petit zero, sex michael. Dgn ukuran tersebut, bak pemberokan mampu menampung benih ikan pero segenap 5000–6000 ekor dgn ukuran 3-5 centimeter. Besarnya benih untuk pemberokan perlu disesuaikan dgn ukuran benihnya.

4) Berdasarkan lama/jarak transmisi ke, system pengangkutan benih terbagi seperti 2 bagian, yakni:

an. System terbuka
Dilakuin sebagai mengangkut benih untuk jarak dekat maupun kaga memerlukan tempo dimana lodo. Alat pengangkut berupa keramba. Semua keramba mampu diisi furnace bersih ten liters setelah itu mampu sebagai mengangkut sekeliling 5000 ekor benih ukuran 3-5 centimeter.

p. System yang tidak terbuka Dilakuin sebagai pengangkutan benih jarak dalam dimana memerlukan tempo kurang lebih 4-5 quickly pull, menggunakan kantong plastik. Amounts news pengangkutan terdiri melalui furnace bersih sex liters dimana diberi load Na2(hpo)4. 1H2O sebanyak hunting for g. Facciones pengemasan benih ikan dimana diangkut dgn kantong plastik: (1) masukkan furnace bersih ke untuk kantong plastik kemudian benih; (3) hilangkan udara dgn menekan kantong plastik ke permukaan furnace; (3) alirkan oksigen melalui tabung dialirkan ke kantong plastik sebanyak 2/3 amounts keseluruhan rongga (air: oksigen=1: 1); (4) kantong plastik setelah itu diikat. (5) kantong plastik dimasukkan ke untuk 2 dgn posisi membujur maupun ditidurkan. 2 dimana berukuran panjang zero, one hundred michael, lebar zero, thirty five michael, setelah itu besar zero, one hundred michael mampu diisi 4 buah kantong plastik.

Semua kondisi yang perlu diperhatikan setelah benih hingga di lahan manfaat adalah untuk beserta:
1) Persiapkan larutan tetrasiklin 25lb ppm untuk waskom (1 kapsul tertasiklin untuk 13 liters furnace bersih).
2) Buka kantong plastik, tambahkan furnace bersih dimana beroperasi melalui kolam setempat minim demi minim agar perubahan suhu furnace untuk kantong plastik terjadi perlahan-lahan.
3) Pindahkan benih ikan ke waskom dimana berisi larutan tetrasiklin semasa 1-2 durasi.

4) Masukan benih ikan ke untuk bak pemberokan. Untuk bak pemberokan
benih ikan diberi pakan secukupnya. Selain itu, dilakuin pengobatan dgn tetrasiklin 25lb ppm semasa 0 hari berturut-turut. Selain tetrsikli mampu pula dipermainkan obat lain layaknya KMNO4 sebanyak veinte ppm maupun formalin sebanyak 4% semasa 3-5 durasi.
5) Setelah 5 minggu dikarantina, tebar benih ikan di kolam budidaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar